Raih Gelar Dokter di Usia 20 Tahun, Ini Dia Wanita Asal Palestina dengan prestasinya

Iqbal Mahmoud Al Assad adalah seorang wanita asal Palestina yang meraih gelar dokter di usia 20 tahun. Menuntut ilmu kedokteran di Weil Cornell Medical Collage, Qatar, ia berhasil mengharumkan nama Palestina dan dicatat dalam Guinness World Records sebagai dokter termuda di dunia.



Saat usia 14 tahun, ia tercatat sebagai mahasiswa salah satu universitas Qatar tersebut. Selain itu, ia juga lulus dengan hasil nilai yang memuaskan. Diketahui jika ia selama ini dibiayai langsung oleh pemerintah Qatar dan Lebanon.

Dalam sebuah wawancara, Iqbal mengatakan sudah terbiasa menjadi yang termuda di sekolah. Perempuan yang dibesarkan orangtuanya di kamp pengungsian warga Palestina di Lebanon ini sudah memiliki prestasi akademis cemerlang sejak sekolah dasar.

Selain itu, Iqbal yang terlahir pada 2 Februari 1993 ini mampu menguasai materi pelajaran untuk satu tahun hanya dalam tiga bulan saja, sehingga ia kerap lompat kelas dan akhirnya lulus SMA pada usia 12 tahun demikian laporan myhijab.info, seperti dilansir World Bulletin.

Saat ditanya mengapa ia ingin menjadi dokter, ia menjawab, “Keluarga dan saya berkunjung ke kamp Palestina. Kami melihat betapa buruknya kondisi di sana. Saya melihat begitu banyak orang tua yang tahu kondisi anaknya menderita, namun tidak bisa berbuat apa pun, karena tidak memiliki uang,” kata Iqbal.

Dengan apa yang lihat itu, membuatnya tergerak untuk membantu penderitaan warga Palestina.

Nama Assad sekarang sudah masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di jazirah Arab pada 2014. Diharapkan ke depannya, semakin banyak wanita menginspirasi sepertinya bermunculan.

Sumber: islampos.com