Kulitmu Sering "Bentol-bentol" Bahkan "Gatal" Tiba-tiba?? Ternyata "Ini" Penyebabnya! Kamu Harus Tahu!

Banyak orang yang mengalami hal serupa, saat dingin atau panas, atau terkena angin, maka badan akan muncul bentol-bentol merah, sebenarnya mengapa ini bisa terjadi?



Sebenarnya ini adalah Urtikaria, sebuah kondisi kelainan kulit yang disebabkan karena berbagai faktor seperti peradangan sementara pada kulit yang membuat gatal-gatal, demam, sakit perut, diare dan gejala lainnya.

Penyebab timbulnya bentol-bentol ini ada beberapa macam, misalnya dari makanan sehari-hari, seperti seafood atau jenis ikan lain yang dapat dengan mudah merangsang alergi, atau juga dari obat-obatan maupun faktor psikologis.

Karateristik Urtikaria sendiri adalah munculnya warna merah segar baik kecil maupun besar di atas kulit, bentolan seperti ini bisa saja muncul tiba-tiba, dan dalam beberapa jam sudah hilang sendiri, dan tidak meninggalkan bekas apapun. Urtikaria dapat muncul berulang kali, setiap hari, minggu, bulan atau tahun.

Urtikaria adalah penyakit yang sering dijumpai,  setidaknya 15-20% orang pernah mengalaminya sekali seumur hidup. Urtikaria juga dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu akut dan kronis. Untuk yang akut, biasa akan sering muncul namun cepat hilang.

Gejala Urtikaria kronis ringan biasa akan muncul dalam waktu yang lebih lama dan tidak menentu, misalnya hitungan bulan atau tahun, tidak ada waktu yang pasti. Namun kebanyakan dari penderita ini sendiri pun tidak tahu apa alasannya.

Dia memiliki beberapa gejala khusus.

Gejala pertama:
Dermatographism: saat menggaruk kulit menggunakan tangan, akan ada garis merah yang menonjol keluar kulit, dan tidak lama kemudian hilang. Disebut juga sebagai Urtikaria buatan.


Gejala kedua:
Urtikaria dingin: dibagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah turunan biologis, ini lebih jarang terjadi, saat baru lahir sudah terserang kelainan kulit ini dan berulang terus. Yang satu lagi adalah yang lebih sering dijumapi, yaitu saat terkena angin dingin, atau air dingin, atau benda dingin, bagian yang terkena benda dingin tersebut pun akan muncul bentolan merah. Ini bahkan dapat menyebanbkan kesemutan, nyeri perut, diare, atau pingsan.


Karena penyakit ini cukup kompleks, setiap penderitanya memiliki sumber alergi yang berbeda-beda, jika ingin melakukan pencegahan sebaiknya segera lakukan pengecekan. Setidaknya kamu dapat mencegahnya dengan berhenti makan yang pedas-pedas, daging sapi dan kambing, rokok dan alkohol. Barang-barang ini bisa menjadi pemicu alergi. Dan juga perhatikan hal-hal berikut:

1. Perhatikan aktivitas mu: apakah kamu memakan makanan atau obat penyebab alergi; atau bersentuhan dengan serbuk bunga, debu, dan lainnya.
2. Pelihara kebersihan rumah, pakaian dan barang-barang yang sering kamu pakai.
3. Perbanyak makan buah dan sayuran, cukupkan asupan daging dan minum obat herbal pencegah alergi.

sumber: how