5 Makanan "Enak" Ini Ternyata Tidak Boleh Dimakan Sebelum Tidur Loh! #2 Ternyata Itu Bukanlah Minuman Wajib Sebelum Tidur

Tidur nyenyak adalah salah satu faktor yang terpenting dalam memiliki tubuh yang sehat dan bukan hanya itu, tertidur dengan lelap dapat membuatmu memiliki mood yang baik pada keesokan harinya.



Tapi taukah sahabat Cerpen, ternyata ada beberapa makanan yang kita makan di malam hari yang sebenarnya menjadi penentu apakah kita bisa tertidur lelap atau malah harus berjuang melawan insomnia.

Coba yuk kita perhatikan, apa-apa aja sih makanan yang boleh dan gak boleh di makan sebagai menu makan malam!

Makanan yang harus dihindari:

1. Burger keju dan bacon

Makanan siap saji buakn hanya tidak baik bagi kesehatan, namun juga bagi pola tidurmu. Bacon adalah makanan yang kaya akan lemak yang akan menstimulasi perut untuk memproduksi asam dan menyebabkan "mules".

2. Wine

Alkohol adalah minuman yang akan merangsang proses produksi urin, selain itu kamu juga akan sering terbangun di tengah malam karena meminum alkohol sebelum tidur. Bahkan minum alkohol bisa membuatmu "ngorok" saat tidur.

3. Coklat Pahit

Coklat khususnya coklat pahit mengandung zat kafein dan theobromine. Zat ini akan menyebabkan tubuh menjadi gelisah, meningkatkan detak jantung dan mengakibatkan insomnia.


4. Ayam

Protein dalam kadar tinggi yang dikandung oleh ayam dapat memperlambat sistem pencernaan sebanyak 50%. Jadi, bukannya beristirahat saat kamu tidur, tubuhmu malah bekerja untuk mencerna makanan yang masih ada di perutmu.

5. Makanan pedas

Jangan pernah menambahkan cabe pada menu makan malammu. Kamu akan mules di malam hari dan membuatmu tidak bisa tidur nyenyak sebagaimana mestinya.

Makanan yang boleh dikonsumsi:

1. Pisang

Kandungan magnesium dan kalsium yang dikandung pisang akan membantu proses pembentukan otot dan dijamin kamu akan tidur nyenyak di malam hari.

2. Ayam Turki

Ayam turki ini boleh dimakan pada 1.5 - 2 jam sebelum kamu tidur, ini akan membuatmu cepat tertidur lelap. Zat tritofan yang diproduksinya akan meningkatkan mood kamu dan membuatmu tidur dengan nyaman.


3. Susu

Susu juga mengandung zat tritofan, asam amino yang dikandungnya akan membuatmu tidur lelap dalam jangka waktu yang lama. Itulah sebabnya anak bayi bisa tidur lama setelah minum susu.

4. Beras Jasmine

Adalah nasi yang memiliki wangi jasmine atau nasi pandan juga bisa. Kandungan glukosa dalam beras jasmine ini akan mengalir di darahmu dan yang akan membuatmu tidur selama yang dibutuhkan tubuh.

5. Cherry

Melatonin yang terkandung dalam cherry akan membantu tubuhmu mengendalikan "jam/alarm" di tubuhmu dan memiliki efek yang baik bagi tidurmu.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sahabat Cerpen! Di share yuk!

Sumber: brightside