4 Misteri Postingan Medsos Terkait Johannes Marliem

Kasus meninggalnya saksi kunci kasus korupsi e-KTP Johannes Marliem di Amerika Serikat (AS) masih menyisakan tanda tanya. Terlebih lagi, banyak jejak digital Johannes yang kini hilang misterius.



Nama Johannes mulai muncul kembali belakangan ini setelah dia membeberkan punya bukti rekaman pembicaraan dengan sejumlah pihak yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Salah satu nama yang muncul adalah ketua DPR Setya Novanto. Novanto sudah jadi tersangka dalam kasus ini.
Berselang beberapa pekan, tiba-tiba muncul berita duka bahwa Johannes meninggal dunia. Ada dugaan dia bunuh diri, namun tak sedikit juga yang berspekulasi dia tewas akibat dibunuh.
Dengan minimnya petunjuk dari pihak berwajib di AS, petunjuk terkait sosok Johannes kini hanya bisa dilacak lewat media sosial. Beberapa netizen menemukan ada postingan milik Johannes yang sengaja dihapus, beberapa lama sebelum dia ditemukan tewas. Namun ada juga postingan yang muncul setelah kabar tewasnya merebak. 
Johannes adalah sosok yang aktif di media sosial. Dari akun blognya, www.johannesmarliem.com, bisa diketahui sejumlah akun media sosialnya. Dia memiliki akun di facebook, twitter, flickr, google+, Instagram dan Pinterest. 
1. Twitter
Ada satu postingan media sosial Johannes yang muncul tak lama setelah kabar kematiannya beredar di media. Namun belakangan postingan itu dihapus.
Postingan di akun @johannesmarliem itu muncul pukul 20.45 waktu Amerika Serikat tanggal 11 Agustus 2017. Kabar kematian Johannes sudah merebak sejak Jumat (11/8) sore, artinya di AS masih hari Kamis (10/8).

Postingan itu berisi soal berita dari situs nature.com yang dibuat tanggal 17 Mei lalu soal arah pohon yang kini mengarah ke Barat akibat perubahan iklim. Akun Johannes kemudian berkomentar: The trees are on the move!
Ada dugaan twitt itu adalah bot, yang disetting untuk muncul di tanggal tersebut. Namun belakangan kicauan itu dihapus dan menyisakan tanda tanya: siapa yang melakukannya?
2. Google+
Di Google+ Johannes, kita bisa menemukan postingan serupa tentang pohon itu dan muncul di tanggal yang sama. Namun ada juga satu postingan lain yang baru muncul 12 jam lalu yaitu tentang hewan pertama di bumi. Lagi-lagi itu adalah berita nature.com yang dimuat tanggal 17 Mei lalu. Johannes berkomentar: Amazing!

Adakah hubungannya dua postingan itu? Bisa jadi itu adalah bot yang diset muncul belakangan. Namun berbeda dengan postingan sebelumnya, postingan kedua ini tak muncul di akun twitter Johannes.
3. Instagram
Sebagian besar postingan Johannes di Instagram sudah dihapus. Namun jejaknya masih bisa dilihat di akun tmblr-nya.

Tidak jelas kapan aktivitas penghapusan postingan di Instagram dilakukan. Apa penyebab Johannes menghapus foto dan video juga tak ada keterangan resmi. Yang pasti, kini hanya tersisa dua postingan saja. Gambar anak Johannes dan foto alam liar.
4. Postingan Duka Hilang
Ada satu postingan di Instagram yang jadi tanda tanya netizen. Ada ucapan duka dari akun mir_at_lgc untuk Johannes yang kini dihapus. Namun ada yang sempat meng-capturenya. 
Postingan itu berisi foto antara Johannes, dan bos Lamborghini, serta pemilik akun mir_at_igc. 

Postingan CEO Lamborghini. (Foto: Instagram/mir_at_lgc)
Ada yang menyebut, postingan ini yang pertama kali mengabarkan soal kematian Johannes.
Anda punya pendapat soal postingan-postingan ini? Silakan beropini lewat komentar atau membuat story disertai topik Johannes Marliem.