Sering Didatangi Lalat Pengganggu? Coba Bebaskan Rumah Darinya dengan Trik Sederhana Ini

Di rumah banyak lalat yang membuat jijik dan juga sangat mengganggu? Coba saja trik sederhan ini untuk mengusir mereka. Dijamin ampuh deh!



Kehadiran beberapa jenis serangga kerap kali mengganggu kenyamanan rumah kita. Bukan hanya cukup berbahaya karena bisa saja menggigit dan menyebabkan ruam serta gatal.

Namun seringkali tampilan mereka juga membuat kita bergidik jijik. Mulai dari nyamuk, kecoa, semut, sampai lalat sekalipun.

Berbicara mengenai lalat, selain membuat suasana tidak nyaman, lalat memang dikenal hewan yang kerap kali menyebarkan berbagai penyakit.

Hal ini tak terlepas dari lingkungan dan siklus hidup mereka yang senantiasa berhubungan dengan dunia penguraian terakhir. Sehingga mereka seringkali mebawa kotoran pada tempat-tempat yang disinggahi.

Salah satu tempat yang paling sering di singgahi, bahkan bisa dikatakan tempat favorit setelah kotoran yaitu makanan. Jika ada makanan maka lalat ini akan segera hinggap.

Bisa dibayangkan saja jika lalat tadi berasal dari mana dan apa jadinya makanan kita. So, tanpa panjang lebar mari kita bahas cara mengusir lalat di rumah dan dari makanan hingga tuntas.

Sudah mengerti kan mengapa lalat sering dianggap serangga yang mengganggu? Meski berukuran kecil keberadaannya tak disukai. Tapi lalat sering susah diusir.

Apalagi saat memasak atau hendak menghidangkan makanan, tiba-tiba saja kawanannya datang. Mengusir lalat dengan menyemprotkan alat pembasmi serangga memang efektif.

Tapi tentu saja hal ini memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan diri sendiri. Sebab zat kimia yang ada di obat pembasmi serangga itu.

Ini alasannya mengapa kita harus mencoba cara alami. Membuatnya pun sangat mudah. Tak hanya berhasil mengusir lalat, cara ini juga akan membuat aroma dapur menjadi menyenangkan.

Dilansir Buzz Flare, untuk membuat semprotan pengusir lalat, berikut bahan-bahan yang diperlukan.
Bahan-bahan :

3 cangkir air panas (yang bukan mendidih).
3 sendok makan minyak esensial atau minyak atsiri.
1 sendok makan baking soda.

Untuk menjadikannya cairan yang siap disemprotkan, langkah yang dilakukan adalah.

Campurkan minyak esensial dan air panas di dalam botol semprot. Lalu tambahkan baking soda.

Kocok botol sehingga bahan-bahan tersebut tercampur merata. Hasilnya siap digunakan.

Semprot ruangan rumah dengan cairan tersebut terutama tempat yang banyak dikunjungi lalat. Ruangan Anda akan menjadi segar dan lalat-lalat akan pergi menjauh.

Selain itu ada cara lain, yakni bagi yang tengah menjalankan usaha membuka warung makan yakni dengan mengusir lalat dengan menggunakan air dan plastik.

Apa iya bisa berhasil?

Cara ini memang bukan cara baru lagi karena sudah banyak digunakan. Bahkan kita sering menjumpainya di warung-warung air putih yang dibungkus dengan plastik kemudian di gantung.

Lantas apa hubungannya antara bungkusan air di plastik dan lalat? apabenar bisa mengusir lalat?

Pertanyaan tersebut mungkin terlontar di benak kita ketika mendengar cara tersebut mampu mengusir lalat. Anda termasuk normal jika berfikir demikian karena segala sesuatu yang tampaknya tak ada hubungannya itu harus dibuktikan dulu baru bisa dipercaya.

Perlu diketahui bahwa cara mengusir lalat dengan air dan kantung plastik ini tidak hanya dilakukan di Indonesia saja. Malahan di luarnegeri sana sudah lebih dulu melakukannya.

Jika dilihat dari sudut pandang sains, ternyata sangat masuk akal jika kantong air di plastik itu bisa mengusir lalat.

Hal ini tak terlepas dari pembiasan cahaya yang di akibatkan oleh air yang tebungkus plastik ternyata membuat lalat menjadi bingung seperti menyaksikan fatamorgana. Sehingga mereka menjadi pusing dan pergi menjauh.

Mata lalat memiliki sudut pandang berbeda, tidak seperti mata manusia. Ada sekitar 3000 – 6000 mata pada setiap bulatan mata lalat. Mata tersebut tidak bisa fokus pada satu sudut pandang seperti mata kita.

Mata-mata itu menampilkan berbagai sudut pandang berbeda layaknya 3000 – 6000 monitor CCTV yang menampilkan pandangan berbeda.

Jadi ketika lalat terkena pembiasan cahaya akibat bungkusan air di plastik mereka akan sangat tersiksa. Kemudian akan memilih untuk pergi meninggalkan area tersebut.

So, jelas bukan kenapa lalat bisa di usir dengan bungkusan air di plastik yang di gantung.
Alat yang dibutuhkan:

Air putih persih
Kantung plastik bening
Tali pengikat

Caranya:

Isi plastik dengan air putih, bisa setengah lebih kemudian ikat
Gantung plastik berisi air tersebut di tempat-tempat yang ingin terbebas dari lalat

Kelemahan:
Metode ini hanya maksimal jika tempat tersebut diterangi cukup cahaya. Jika kondisi tempat redup atau gelap kemungkinan teknik ini tidak maksimal, bahkan bisa saja gagal.

Selamat mencoba ya.